Senin, 16 Oktober 2017

Ebokku Tercinta Pergi Untuk Selamanya

Assalamualaikum wr.wb teman2 bloggerku :)

Apa kabar kalian ? semoga kalian selalu dalam keadaan sehat wal'afiat, kali ini aku tidak akan mereview produk atau membahas tentang makeup tapi disini aku akan menulis tentang kehilangan orang yang sangat aku cintai pergi untuk selamanya.

Izinkan aku mulai becerita yah,



Jadi hari Jumat tanggal 6 Oktober 2017 aku dari Medan berangkat ke kota asalku Palembang, pesawat dari bandara Medan jam 08.20 dan sampai bandara Palembang jam 10.10 alhamdulilah tidak delay. Sesampai bandara kami di jemput sama adek dan mama tercinta, layaknya orang yang sudah lama tidak bertemu banyak cerita serta pertanyaan-pertanyaan yang buat riang gembira, lucu campur aduk. 

Singkat cerita, kami langsung pulang kerumah aku. Semua keluarga berkumpul menyambut kami termasuk Ebok (nenek orang tua mama) kami semua berbahagia dan melempar pertanyaan satu sama lain. Ketawa, canda pokoknya riang gembira sekali. Karena kami sudah lama tidak bertemu 3 bulan lebih lamanya. 

Singkat cerita, aku beserta suamiku dan anakku mudik ke kota Kayuagung, tempat mertua dan tidak menginap. Di sana kami mudik sekalian pergi kondangan karena ada keluarga yang menikah dan aku sempat bertanya kepada Tante Meri tentang apa obat atau tanaman yang bisa di rebus untuk ebok karena ebok gula darahnya 202 itu di cek tanggal 5 oktober 2017 dan sempat Tante Meri bilang beli kayu manis di rebus dan minum airnya sehari 2 kali. Senang sekali rasanya aku mendapatkan info itu.

Singkat cerita, hari minggu aku tidur di tempat orang tuaku di kenten. seperti biasa dan hari senin suamiku kerja di kantor palembang, cuma sehari dan senin itu aku pulang kerumah aku.
Sesampai di rumah ku, seperti biasa ebok memang selalu berkunjung kerumah ku, rumah ebok itu sebelahan sama rumahku jadi kita satu pagar 2 rumah gitu teman-teman. Sempat ebok ngasih tau aku kalo kaki ebok atau tepatnya betis ebok tidak ada rasa lagi :( aku pun selalu berulang kali bercakap dengan beliau kalo "jaga kesehatan bok", "aku nih jauh di Medan", "tiket pesawat mahal bok", "aku bisa pulang karena ada tiket murah", semuanya aku ceritakan. "Nanti aku belikan gula tropical slim itu bok", "jangan banyak makan nasi putih", "jangan banyak makan manis", pokoknya aku benar-benar cerewet banget hari itu, berulang-ulang dan aku sempat menayakan sama ebok, "sedih gak bok aku pindah ke Medan" dan ebok pun menjawab "sedih sekali, kalau bisa pindahlah ke Palembang", "sudah berapa lama di Medan" dan masih banyak lagi percakapan kami.

Senin itu kami makan bubur bersama di ruang tamu bersama adek dan anakku tak lupa pula ebokku tercinta, siang harinya aku dan adek dan anakku menjemput mama pulang dari sekolah. dan balik lagi kerumah ku sampai sore, terus  kami pulang ke rumah mama dan menginap di rumah mama pada malam selasa dan hari Selasa pagi aku berencana mau buat passport dan gak taunya nomor antriannya online sampai akhirnya pulanglah kerumah aku. 

Singkat cerita, hari selasa pas kami datang ebok sudah menungguku di depan pintu, berdiri di pintu :( aku lupa tepatnya apa percakapan kita tapi seingatku ebok ngasih tau aku "kurang nafsu makan" "lesu" dan aku tawari ke rumah sakit langsung dan alhmadulilah ebok mau. Selasa tanggal 10 Oktober 2017 sekitar jam 11an aku dan ebok ke IGD Hermina sampai jam 2an dan disana kita cek lab dan hasil gula darah ebok 108 dan itu bagus kok kata dokter, jadi ebok cuma dapet obat 3 macam, obat lambung, mencret dan antibiotik kalo tidak salah tapi sebelumnya ebok sempat di suntik di tangan di ruang igd untuk mengobati perut ebok.

Ebok di IGD lupa foto sebelum di suntik apa belum :(

Singkat cerita setelah pulang dari igd hermina kami makan di warung tekko dan sebenarnya ebok gak mau turun, mau nunggu di mobil tapi alhamdulilah mau juga ebok turun dan makan bersama mama, adek, anakku dan aku. Kita sempat pindah dari meja pertama ke meja ke dua karena ebok kedinginan tapi sebelumnya ebok di igd juga selalu bilang kedinginan :( 

Aku memesan minuman mangga yang di mix dengan jeruk, ebok mencoba meminum minuman aku dan aku bilang, "bok jangan banyak nian, kamu ada maag nanti kumat" tapi jawabaan ebok sambil senyum "ai dak kelamo lagi kalu mati aku besok" intinya itulah jawaban yang terlontar :( tak kami hiraukan karena memang kita suka bercanda. 

singkat cerita ebok pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2017 pagi jam 07.33 oomku menelponku dan mengabarkan berita duka kalo ebok sudah tidak ada :( aku tidak bisa membayangkan pada hari itu aku langsung ketempat kamar ebok di sebelah rumah aku : ( tanpa sadar gak tau kenapa aku malam rabu itu mau tidur di rumahku padahal papa lagi di Jakarta, anakku dan adekku nemenin mama di rumahnya.

Jerit sejerit-jeritnya campur aduk dan entah tak bisa di bayangkan bagaimana aku mondar mandir minta bantuan tetangga dan bingung mau apa, di situ ada anaknya Fikri dengan istrinya, ada aku dan suamiku, ada om el anak ebok itu saja. Segera kami menelpon mama dan adek serta anakku untuk segera pulang kerumah.

Hisak nangis, jerit dan becampur aduk pokoknya tak bisa aku lukiskan dengan kata-kata, sempat kami bawak ke IGD HERMINA lagi dan di periksa dokter kalo nenek sudah tidak ada kemungkinan meninggal di jalan padahal kami tau kalo ebok sudah tak ada lagi pas di rumah :( hanya mau muaskan hati saja kami ke IGD itu. 

Jadi intinya.. 


Aku pulang ke Palembang itu karena tiket lagi murah ada promo jadi kami pulang sekeluarga. Suamiku, anakku dan aku.
Aku pulang tak ada firasat apa-apa, tak terbayangkan akan begini :(
Aku pulang niatnya mau ketemu keluarga besar. Silahturahim bersama tapi ternyata :(
Intinya aku pulang tiket murah itu saja. TITIK.
Ebok mau pergi jauh untuk selamanya itu nunggu aku :(
Ebok tau kalau tiket mahal, ebok tau kalau lama bakal ketemu semua seperti sudah di atur ya allah :( Rabu meninggal Jumat malam tiga hari dan Sabtu pagi aku pulang lagi ke Medan :(

TAPI... YA ALLAH :(

Aku pulang untuk mengantarkan jenazah almarhumah ebok sampai di kuburan dan menyaksikan semua prosesnya, aku sempat merawaat beliau pada hari selasa, dan aku memandikan jenazah beliau ya allah.. tak pernah terbayangkan sama sekali aku pulang untuk itu semua.. tak pernah terbayangkan aku berangkat berpisah dengan ebok bulan juli tepatnya 3 bulan aku di Medan dan perdana pulang pertama kali ini ALLAH hadiahkan untukku :(

Foto bulan Juli saat mau pindah ke Medan

Aku belum sempat mengajak ebok jalan-jalan merasakan kota Medan, banyak sekali niat ku untuk membahagiakan ebok tapi semuanya...

Baru sadar malam kamisnya, kalau ebok meninggal dengan baju bagusnya untuk pergi ke masjid :( baru sadar kalau ebok sudah merapikan kamarnya dengan rapi :( baru sadar malam sabtu 3 hari ebok dan sabtu tanggal 14 oktober 2017 pagi kita pulang ke Medan :( Semua sudah di atur allah aku percaya allah memberikan semua ini yang terbaik, allah tau semuanya. Ebok meninggal tidak menyusahkan sama sekali, tidak sakit parah, cuma tak nafsu makan dan badan panas itu saja. Semua sudah takdir allah, semua sudah kehendak allah. Aku percaya ebok bahagia di sana, ebok akan bertemu dengan gede, dengan sume yang telah mendahului ebok :(

Aku mengetik ini sambil menangis, meneteskan air mata.. intinya aku tak percaya begitu cepat ya allah.

Umur beliau 75 tahun, umurku sekarang ini 27 tahun dan selama ini dari kecil hingga aku punya anak, beliau yang mengurusku, beliau yang mengasuhku karena pada waktu itu pun mama papa bekerja jadi aku sangat dekat dengan nenek.

Ya allah ya tuhanku, tak ada lagi ceramah tentang agama, tak ada lagi yang mengingatkan aku sholat, tak ada lagi yang mengingatkan aku tentang kematian, ebok sudah pergi ya allah.

Sekarang aku sendiri, tak ada lagi orang tepat aku membagi suka duka ku. Kenapa ya allah begitu cepat :(

Kenapa pada waktu aku nyampe Palembang aku tak banyak foto-foto sama ebok :( aku meyesal tak foto - foto sama ebok padahal aku suka sekali selfie. Entah kenapa aku tak ada niat foto-foto mungkin ini jawabannya :(

Ya allah, aku mau sekali menulis semua yang aku ingat sekarang, tapi rasanya tangan ini capek sekali untuk mengetik. Aku mohon kepadamu ya allah, jangan engkau ambil kenangan aku atau ingatan yang ada dalam otakku karena aku cuma ada kenangan ingatan bersama ebok.

Aku tau ini blogger, sampai lupa aku mengetik ini seperti diary :(

Mohon doa yah teman-teman, alfatihah HABASIAH BINTI ABU BAKAR

Ebok di kubur Rabu tgl 11 oktober 2017 habis sholat ashar

Terimakasih banyak yang sudah membaca blog dan mendoakan ebok, semoga amal ibadah kalian berlipat ganda amin ya allah.

Assalamualaikum wr.wb

2 komentar:

  1. semoga nenek nya kaka.. diterima disisi ALLAH SWT.. AAmiiinn.. ku juga pernah ngerasa kehilangan.. tapi semoga kita yang ditinggalkan bisa tetap kuat dan tegar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak kak :( iyah kak, kalo pernah kehilangan orang pasti tau banget rasanya gimana kak :( amin ya allah, semoga allah membalas kebaikan kaka yang telah mendoakan nenek :) maaf baru bls kak, baru buka blog ini :) orang baru di blog jadi kudet :(

      Hapus

EVENT BRUN BRUN PARIS x BEAUTY JOURNAL MEDAN

EVENT BRUN BRUN PARIS x BEAUTY JOURNAL MEDAN Hai Girls, beberapa hari yang lalu aku di invite di acaranya Brun Brun Paris x BJ Medan.  ...